SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BERBASIS WEBSITE PENERIMAAN BEASISWA KALBIS INSTITUTE DENGAN FMADM MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BERBASIS WEBSITE  PENERIMAAN BEASISWA KALBIS INSTITUTE DENGAN FMADM MENGGUNAKAN METODE  SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Oleh
Putri Fitdinna Ramadhana
150170033
Sistem informasi
A2

Logo Unimal

FAKULTAS TEKNIK
PRODI TEKNIK INFOMATIKA
UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
2017


Sistem pendukung keputusan dapat meningkatkan keefektifan pengambilan keputusan, mengurangi kebutuhan akan pelatihan, meningkatkan control manajemen, memfasilitasi komunikasi, menghemat usaha  yang dilakukan pengguna, menghemat biaya, dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih objektif.
Metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Metode SAW dapat membantu dalam pengambilan keputusan suatu kasus, akan tetapi perhitungan dengan menggunakan metode SAW ini hanya yang menghasilkan nilai terbesar yang akan terpilih sebagai alternatif yang terbaik.

FMADM yaitu : Memberikan nilai setiap alternatif Ai di setiap kriteria Cj yang sudah di tentukan dimana nilai tersebut di peroleh berdasarkan nilai crisp i= 1,2..m dan j= 1,2 ...n memberikan nilai bobot W yang juga dapat berdasarkan nilai crisp.

UML (Unifed Modeling Language) adalah himpunan struktur dan teknik untuk pemodelan desain program berorientasi objek (OOP) serta aplikasi nya. Atau UML adalah metologi untuk mengembangkan  sistem OOP dan sekelompok perangkat tool untuk mendukung pengembang sistem tersebut.Dalam pemodelan dengan menggunakan UML, semua perilaku dimodelkan sebagai use case yang mungkin dispesifikasikan mandiri dari realisasinya. Use case mendeskripsikan kumpulan urutan ( sequence ) dimana tiap urutan menjelaskan interaksi sistem dengan ‘sesuatu’ di luar sistem ( sering dinamakan dengan actor). Use Case menampilkan spesifikasi fungsional yang diharapkan dari sistem/perangkat lunak yang kelak akan kita kembangkan. Use Case sangat penting dimanfaatkan untuk menangkap seluruh kebutuhan dan harapan pengguna ( user needs and expectation ).








1.    Diagram Use Case
Use Case adalah : Pembuatan use case diagram merupakan tahap awal dalam pembangunan sistem, tahapan ini mempresentasikan interaksi antara aktor dengan sistem.

Gambar diagram use case
Use Case Diagram di atas menjelaskan interaksi user yang terjadi pada sistem yang sedang berjalan. Terdapat dua aktor yang terlibat yaitu calon mahasiswa dan divisi promosi dan pemasaran institut Teknologi dan bisnis kalbis.
2.    Activity Diagram
Activity diagram adalah : salah satu cara untuk memodelkan event-event yang terjadi dalam suatu use case atau Activity diagram dibuat setelah use case diagram telah terbentuk. Activity diagram berguna untuk menggambarkan alir aktifitas yang dilakukan oleh user dalam sistem yang sedang dirancang.

Gambar activity diagram 1

Activity diagram di atas menunjukan jalan nya proses bisnis dan aliran kerja pada penerimaan mahasiswa di institut Teknologi dan Bisnis Kalbis. Yaitu calon mahasiswa membeli formulir lalu menyerahkan bukti pembayaran dan kemudian petugas divisi promosi dan pemasaran institut Teknologi dan bisnis Kalbis mengirimkan  formulir kepada mahasiswa.

Gambar activity diagram 2


Pada diagram 2 menunjukan jalanya proses bisnis dan aliran kerja pada penerimaan calon mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis Untuk menentukan penerimaan beasiswa. Petugas divisi akan menghubungi calon mahasiswa berdasarkan data yang telah di input pada file exel. Calon mahasiswa akan mengikuti proses seleksi sesuai jalur yang telah di pilih. Apabila calon mahasiswa lolos seleksi divisi promosi akan mengedit status calon mahasiswa pada file exel menjadi mahasiswa di terima.

Gambar activity diagram 3


Pada diagram 3 di atas menunjukkan jalanya proses bisnis dalam pengambilan keputusan penerimaan beasiswa. Hasil seleksi calon mahasiswa jalur prestasi berbasis web ini akan di imput pada file exel yang di ganti status nya menjadi di terima. Petugas Divisi akan mengelompokkan data mahasiswa yang di terima sesuai jalur prestasi yang di pilih dan mengurutkan berdasarkan nilai tertinggi hingga terendah, setelah itu petugas divisi akan menghubungi mahasiswa yang di terima.
3.    Class Diagram
Class diagram menggambarkan rancangan basis data pada sistem yang dibuat, rancangan inilah yang menjadi dasar pembuatan basis data pada sistem. Selain itu class diagram juga berguna untuk menggambarkan relasi antartabel pada basis data.
Gambar class diagram

Class diagram di atas menjelaskan beberapa class yang merupakan jenis besiswa yang di miliki oleh institut Teknologi dan Bisnis Klabis, dmna setiap class memiliki keyword yaitu nomor formulir calon mahasiswa. Setiap jalur beasiswa memiliki kreteria yang berbeda sehingga memiliki perhitungan yang berbeda. Pada proses seleksi setelah lolos semua tahapan seleksi , calon mahasiswa sah mendapatkan beasiswa sesuai program yang di ajukan.
Hasil
Pengujian di lakukan dengan membuka halaman utama alamat  Website yaitu tampilan login di bawah ini.
a.       Tampilan awal adalah halaman login bagi penerima beasiswa.
b.      Halaman Utama

Gambar di atas adalah halaman utama pada sitem. Pada halam utama terdapat button untuk menampilkan data calon mahasiswa yang ada di database, form input data calon mahasiswa jalur beasiswa, form input saw perhitungan alternative, data calon mahasiswa yang di terima dan tidak di terima. Mahasiswa terbaik dari masing-masing jalur beasiswa dan pencarian data.

KESIMPULAN

Penelitian ini membuktikan bahwa aplikasi pendukung pengambilan keputusan untuk penentuan penerima beasiswa berbasis Web menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decistion Making (FMADM) dapat membantu sitem pengambilan keputusan terhadap calon mahasiswa serta dapat meningkatakan efektifitas kinerja petugas divisi promosi dan pemasaran. Jadi metode SAW merupakan metode perhitungan SPK yang tepat untuk menetukan penerima beasiswa . karna dapat mencari penjumlahan terbobot dari ranting kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut yang telah di tentukan.





Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH RECORD

karya ilmiah pengertian Teknik Informatika

MAKALAH ISU PROFESI TEKNK INFORMATIKA