karya ilmiah pengertian Teknik Informatika


Description: Logo Unimal


KARYA ILMIAH
TEKNIK INFORMATIKA

DI SUSUN
OLEH
PUTRI FITDINNA RAMADHANA
150170033
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
2016

BAB I
PENDAHULUAN


1.1        LATAR BELAKANG


Berkembangnya zaman membuat banyak hal datang yang semakin membaik. Salah satu contohnya adalah kemajuan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Berkembangnya ilmu pengetahuan diiringi dengan teknologi yang semakin canggih untuk melakukan riset-riset penelitian. Teknologi yang digunakan tidak hanya sekedar alat elektronik dan internet yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Pengolahan data, penyimpanan dan pengarsipan data serta penyampaian informasi mulai berkembang lebih baik. Jika dahulu orang harus membukukannya dengan banyak kesalahan dalam pencatatan dan penghitungan, maka sekarang dengan adanya teknologi, semua pekerjaan dapat dilakukan satu kali tulis menggunakan applikasi komputer untuk mengerjakannya.
Perkembangan sistem informasi sekarang ini semakin pesat.Di era yang serba canggih ini, informasi merupakan kebutuhan penting. Pesatnya kebutuhan informasi tidak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi. Salah satu teknologi yang perkembangannya cukup pesat adalah internet. Internet mampu memberikan informasi tanpa batas yang sangat berguna bagi manusia. Perkembangan teknologi yang pesat saat ini mendorong perilaku manusia untuk cenderung bergeser dari cara-cara yang konvensional ke cara -cara yang lebih modern. Itulah sebabnya, manusia saat ini berlomba lomba untuk memanfaatkan dan memaksimalkan teknologiyang ada untuk membantu kehidupanya sehari hari. Salah satu teknologi yang berkembang cukup pesat adalah teknologi Multimedia, Teknologi Multimedia dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal, salah satunya dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Sistem belajar mengajar di Indonesia saat ini sebagian besar masih menggunakan cara konvensional dalam penyampaian materi materinya.
Tapi di zaman modern ini rata-rata telah banyak menggunakan media canggih tersebut terutama pelajar, maha siswa/i, dan pegawai. Bahkan terkadang anak-anak telah pandai mengoperasikan media media sosial.
Berdasarkan latar belakang sebagaimana terurai diatas yang menjelaskan bagaimana teknologi digunakan dalam kegiatan bisnis, kantor, dan pendidikan. Dalam laporan yang berjudul “Pemahaman Definisi Teknik informatika (Teknologi Informasi)” ini ditujukan memberikan informasi bermanfaat tentang konsep dasar dan pengaplikasian teknologi informasi di berbagai bidang dan semoga berguna bagi para generasi generasi yang akan datang




1.2        Rumusan masalah


Dari uraian di atas timbul beberapa pokok permasalahan berkaitan dengan Materi-Materi Teknik Informatika yaitu sejauh mana pengetahuan maha siswa mengenai Definisi TI (Teknik Informatika) yang mengambil jurusaan non teknik dan apa sebetulnya TI itu.

1.3        Tujuan Penelitian


Tujuan penulisan laporan ini merupakan tugas dari mata kuliah Bahasa Indonesia dan untuk membandingan antara kajian teori asli dari para ahli dan pendapat dari para maha siswa yang mengambil jurusan non teknik, juga untuk masyarakat awam agar mereka tidak memberi penilaian yang salah terhadap teknik informatika.

1.4        Manfaat Penelitian

1.4.1             Secara teoritis

1        Bermanfaat sebagai suatu proses belajar dalam membuat laporan.
2        Dapat mengkaji lebih dalam tantang pemahaman.Teknik Informatika (TI).
3        Meberikan inspirasi bagi pembaca tentang Teknik informatika (TI).
4        Untuk mengetahui perkembangan Teknologi Informasi di dunia.
5        Mengetahui banyak pendapat dari para ahli tentang Teknik Informatika (TI).

1.4.2         Secara Praktis

1        Untuk mengetahui aplikasi dari Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (TI) pada kehidupan sehari-hari.
2        Untuk menambah pengetahuan tentangTeknologi Informasi (TI).
3        Menerapkan konsep yang kuat mengenai teknik informatika.
4        Menguatkan pemikir yang kritis terhadap Teknik Informatika(TI).
5        Untuk mengetahui pendapat-pendapat atau pemahaman para maha siswa tentang Teknik Informtika (TI).
6        Melatih para peniliti untuk lebih kritis dan jeli terhadap suatu masalah.
7        Melatih mental para peniliti untuk mempunyai sikap yang bijak dalam meneliti msalah.
8        Membimbing peneliti membiasakan sikap mandiri.

1.5        Sistematika Penulisan


Setiap laporan memiliki sistematika penulisan dalam laporan ini mencangkup beberapa pokok permasalahan. Sistematika laporan ini adalah sebagai berikut :
BAB  I        :  PENDAHULUAN
Bab ini berisikan tentang hal hal sebagai berikut :
1        Latar belakang masalah
2        Rumusan masalah
3        tujuan penelitian 
4        manfaat penelitian (secara teori dan secara praktek)
5        sistematika penulisan laporan

BAB  II       :  KAJIAN TEORI
                   Bab ini menjelaskan tentang hal hal sebagai berikut :
1        Pemahaman definisi TI (menurut para ahli dan maha siswa  teknik)
2        Ruang lingkup TI (Teknik Informatika)
3        Apakah Hacker seorang TI (Teknik Informatika)
4        Prospek kerja TI (Teknik Informatika)
5        Potensi Isu terhadap TI (Teknik Informatika)


BAB  III      :  METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini membahas tentang  hal hal sebagai berikut :
1        Jenis Penelitian
2        Tempat dan Waktu Penelitian
3        Subjek Penelitian
4        Instrumen Penelitian
5        Tehnik Pengumpulan
6        Tehnik Analisis Data

BAB  IV     :  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini membahas tentang hasil penelitian yang telah di praktekan sebelumnya yang mencangkup sebagai berikut :
1        Hasil Penelitian
2        Pembahasan

BAB  V      :  PENUTUP
                   Bab yang terakhir ini membahas mengenai hal-hal sebagai berikut :
1        Simpulan
2        Saran







BAB II

KAJIAN TEORI


2.1        PEMAHAMAN DEFINISI TI (TEKNIK INFORMATIKA)


2.1.1    MENRUT PARA AHLI


Di bawah ini adalah beberapa pendapat dari para ahli mengenai TI(Teknik Informatika/Teknologi Informasi) yaitu sebagai berikut:

1.      Haag & Keen (1996) teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu pekerjaan dengan informasi serta melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
2.      (Martiin, 1999)teknologi informasi tidak hanya terbatas pada TI (Hardware dan Software) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, serta juga mencakup teknologi komunikasi yang mengirimkan sebuah informasi.
3.      Williams dan Sawyer (2003) TI adalah teknologi yang menggabungkan Komputer dengan jalur komunikasi yang berkecepatan tinggi yang dapat membawa data, suara dan video.
4.      (Lucas, 2000) Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis
5.      (Oxford, 1995) Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, Untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.
6.      Menurut Kenneth C. Laudon (2004:14) Teknologi informasi adalah salah satu alat yang digunakan untuk masukan, mengolah, dan mengeluarkan aktivitas dalam sebuah sistem informasi. Perangkat tersebut terdiri atas: unit pengolahan komputer, masukan yang bermacam-macam,keluaran, dan perangkat penyimpan: media fisik: kabel, modem, ddan kepingan untuk menghubungkan perlengkapan.
7.      Menurut Sawyer / williams (2007:1), Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
8.      Menurut B. Hariyanto, Informatika merupakankumpulandisiplinilmudanteknik yang secarakhususmenanganimasalahtransformasiataupengolahan data denganmemanfaatkan se-optimal mungkinteknologikomputermelalui proses-proses logika.

9.       (Bodnar & Hopwood, 1993) Teknologi informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.
10.   (Gelinas, Oram, & wiggins, 1990) Teknologi informasi i adalah suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada pemakai.
11.   (Hall, 2001) Teknologi informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada pemakai.
12.   (Turban, McLean, & Wetherbe, 1999) Teknologi informasi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
13.   (Wilkinson, 1992) Teknologi informasi adalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia, komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan.

   Dari berbagai definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa teknologi  informasi mencakup sejumlah komponen (manusia, komputer, teknologi informasi, dan prosedur kerja), ada sesuatu yang diproses  (data menjadi informasi), dan dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan. Bahan kajian ini merupakan materi pembelajaran yang mengacu pada bidang-bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

2.1.2    MENURUT MAHA SISWA MELELUI WAWANCARA


Di poin yang kedua ini kami akan membandingan antara teori dari para ahli dan hasil wawancara antar mahasiswa teknik itu sendir.hasil wawancara tersebut kami buat dengan semaksimal mungkin yang bersifat objektif.
                                                           
1.            Hasil wawancara narasumber pertama

Pewawancara      :”Assalamu’alaikum Wr.Wb”
Narasumber1       :”Wa’alaikumsalam Wr.Wb”
Pewawancara      :”Emm saya putri fitdina ramadhana, saya berasal dari jurusan  teknik informatika, saya ingin mewawancarai anda bolehkah saya meminta waktu anda sejenak...?”
Narasumber1       :”Boleh...!!”
Pewawanc ara     :”Sebelumnya anda berasal dari jurusan apa...?”
Narasumber1       :”Ilmu komunikasi”
pewawancara              :”Baik langsung saja, ee edisi minggu 4 oktober, 2015 bertempatan dibukit indah,  pertanyaan yang pertama”
                            “Menurut anda apa sih teknik informatika itu..??”
Narasumber1       :”Menurut saya teknik informatika itu berhubungan dengan cara bagaimna menggunakan komputer baik itu system jaringan, aplikasi komputer, dan semua yang mengenai tentang komputer.”
Pewawwancara   :”Baik... emmm menurut anda apa saja sieh yang dipelajari dalam teknik informatika itu...??”
Narasumber1       :Menurut saya!!  Eeee,,, aplikasi komputer, ee dan seluk beluk tentang komputer, segalanya yang menyangkut tentang komputer....!!!”
Pewawancara      :”Baik-baik.. nahh,lalu jebolan teknik informatika itu kira-kira akan menjadi apa..???
Narasumber1       :”Menurut saya itu banyak karena... sekarang semuanya dilingkungan kita, lingkungan sekitar menggunakan komputer  baik itu pelajar, eee orang biasa atau pun pekerja kantor, pasti menggunakan komputer lebih tepatnya komputer itu dapat bekerja diberbagai bidang.”
Pewawancara      :”Oke.. nah, sekarang kira-kira menurut anda hacker itu apakah seorang teknik informatika..?
Narasumber1       :”Menurut saya hacker itu... dia hanya, hanya tertarik kepada komputer namun dia tidak menguasai hal-hal yang mengenai komputer dia hanya mengetahui sedikit bidang aja hanya tertarik sedikit tidak banyak..!!”
Pewawancara      :”Oke,,, emm baiklah yang terakhir menurut anda ada gak hal-hal yang terkait dalam teknik informatika, misalnya tentang hal-hal yang menyangkut teknik informatika ataupun hal-hal yang terkait dalam teknik informatika,menurut ada.. (upps terjadi kesalahan) menurut anda ada gak hal-hal yang lain..??”
Narasumber1       :”Menurut saya sihh saya kurang mengetahui tentang teknik informatika jadi pengetahuan saya tiddak mendalam... jadi... hanya itulah yang saya tahu...??
Pewawancara      :”Baiklah terima kasih atas waktu yang telah diberikan mohon maaf kepada anda jika saya ada kat-kata yang salah selamat siang, assamu’alaikum Wr.Wb....”
Narasumber1       :”Wa’alaikumsalam Wr.Wb??”





2.     Hasil wawancara narasumber kedua

Pewawancara                          :”Assalamu’alaikum wr.wb”
Narasumber2                           :”wa’alaikumsalam wr.wb”
Pewawancara             :”saya cut dewi aida soraya, saya berasal dari prodi teknik     informatika. Bolehkah saya   mewawancarai anda sejenak?
Narasumber2                           :boleh, silahkan”
Pewawancara                          :”maaf sebelumnya , anda berasal dari prodi mana?”
Narasumberr2                          :”saya berasal dari prodi ilmu komunikasi”.
Pewawancara              :”Baiklah. betepatan dikampus bukit indah, minggu 25 oktober pukul 12:00 wib. Saya akan mewawancarai anda yang berasal dari prodi ilmu komunikasi, tentang teknik informatika.yang pertama menurut anda apa itu teknik informatika?”
Narasumber2               :”teknik informatika adalah suatu jurusan yang mengarah kepada aplikasi komputer. Mereka itu lebih sering ..... lebih sering dibagian emmm pengeditan vidio game,atau pun pembuatan-pembuatan vidio game dan aplikasi-aplikasi yang terdapat pada komputer.”
Pewawancara              :”menurut anda, apa saja yang dipelajari dalam teknik informatika?”
Narasuber2                  :”yang saya ketahui anak-anak teknik itu biasanya.  yang menurut pengalaman saya dengar, mereka itu sering belajar bagaimana cara mengaplikasikan aplikasi komputer dan bagaimana cara mereka membuat vidio-vidio game”
Pewawancara              :”menurut anda, jebolan teknik informatika itu akan menjadi apa sih?”
Narasumber2               :”yap, banyak mereka itu bisa sangat berguna karna itu bagian elektronik yang dimana mereka mungkin bisa menjadi teknisi komputer atau pun sebagai ge..gamers”
Pewawancara              :”setahu anda, hacker itu seorang teknik informatika bukan?”
Narasumber2               :”klo menurut saya itu emmmm seseorang yang bisalah merunjuk kepada teknik informatika karna mereka itu lebih tii lebik kurangnya emmm bisa menga..  mengaplikasikan dan mereka juga ber..berselunjur dibagian komputer”.
Pewawancara              :”ada hal lain yang anda ketahui tentang teknik informatika?”
Narasumber2               :”emmm menurut saya hanya itu saja karna saya pun kurang mengarah kepada jurusan tersebut
Pewawancara              :”sekian dan terima kasih atas waktu anda”
Narasumber2               :’’sama-sama

2.2        RUANG LINGKUP TI(TEKNIK INFORMATIKA)


Untuk mempermudah penulisan laporan ini dan agar lebih terarah dan berjalan dengan baik maka kiranya perlu di buat suatu batasan masalah.Peneliti mengambil ruang lingkup dari permasalahan yang timbul di kalangan teknik informatika.secara garis besar ruang lingkup materi teknik informatika dapat di kelompokan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain adalah :
1        Sistem Informasi : memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak.
2        Rekayasa perangkat lunak : analisa dan desain obyek, penyempurnaan proses rekayasa, inspeksi perangkat lunak, rekayasa perangkat lunak, pemrograman basis data clint server.
3        Pemrograman dan komputasi : memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup komputasi, komputasi pararel, sistem terdistribusi, teknologi antar jaringan.
4        Arsitektur dan jaringan komputer : materi yang di pelajari dalam bidang ini adalah arsitektur komputer, organisasi komputer, elektronika, sistem digital, sistem mikroprosesor, jaringan komputer, dan lain sebagainya.

2.3        HACKER


Di dalam hal teknik informatika banyak mencangkup hal-hal yang menjadi prospek kerja TI(Teknik Informatika). Dalam laporan ini ada pembahasan mengenai hacker . Apakah hacker itu seorang  TI(Teknik Informatika) atau bukan,?? Berikut penjelasanya.
Menurut bukuini, Hacker adalah orang yang paham komputer dalam melakukan analisis, mempelajari, memodifikasi, melakukan teknik penyusupan kedalam suatu sistem jaringan komputer atau program.Istilah hacker sendirilahir di tahun 1959 dariorganisasi-organisasimahasiswa Tech Model Railroad Club di LaboratoriumKecerdasanArtifisial Massachusetts Institute of Technologi (MIT).Dewasaini, orang seringmengartikan hacker sebagai cracker, yaituperusaksistemkomputer.Padahalsecaraetika, keduanyasangatbertentangan.

2.4        PROSPEK KERJA TI(TEKNIK INFORMATIKA)

Seorang lulusan jurusan teknik informatika memiliki kemampuan untuk mengembangkan perangkat lunak (sofware) untuk berbagai keperluan, menganalisis sistem dalam suatu organisasi.Beberapa posisi kerja yang dapat di ambil oleh seoarang sarjana Teknik Informatika yaitu :
1        Capacity Planning Supervisor
2        Database Administrator
3        Customer Service Supervisor
4        Data Communication Assisstent Manager
5        Data Entry Supervisor dan lain sebagainya.

Dengan berbaga kemampuan yang di milikinya lulusan Teknik Informatika dapat juga menjadi sebagai berikut :
1        Tenaga pendidik (yaitu menjadi guru/dosen terutama untuk daerah-daerah yang baru mulai berkembang apalagi sekolah-sekolah yang belum menggunakan teknologi yang canggih.)
2        Pegawai Negri Sipil (PNS) (di dalam era globalisasi saat ini bisa di katakan tidak ada lembaga perusahaan dan organisasi yang tidak memanfaatkan bidang TI, pemerintah sangat membutuhkan praktisi TI. Namun tentu saja yang paling membutuhkan lulusan Ti adalah Kementrian komunikasi dan informatika).
3        Badan Usaha Milik Negara (seperti institusi pemerintahan, semua insituti pemerintah membutuhkan lulusan dari TI).
4        Pegawai Swasta (pegawai swasta juga membutuhkan tenaga kerja lulusan TI, sebab lulusan TI yang mempunyai kemampuan lebih dapat mengembangkan proses cara kerja yang ada dalam perusahaan).

2.5        POTENSI ISU TERHADAP TI (TEKNIK INFORMATIKA)


Seperti teknologi lain yang telah hadir ke muka bumi ini, selain membawa banyak potensi manfaat, kehadiran TI juga dapat membawa masalah khususnya internet, penyebaran informasi yang tidak mungkin terkendalikan telah membuka akses terhadap informasi yang tidak bermanfaat dan merusak moral. Banyak manfaat nya seperti :
Manfaat komputer dalam bidang pendidikan : komputer sebagai media, komputer sebagai bahan belajar, dan sebagai alat bantu.
Dan masalah-masalah komputer dalam bidang pendidikan adalah sebagai berikut :
1        Anggaran untuk perawatan (maintainance)
2        Pelatihan yang terlalu spesifik
3        Tidak ada karyawan khusus
4        Tidak ada teknisi khusus yang ahli.

Isu yang sampai saat ini masih menjadi pembicaraan di dunia pendidikan adalah ketersediaannya perangkat komputer di dunia pendidikan.Masih banyak banyak sekolah-sekolah dasar maupun sekolah terpencil yang belum terdukung oleh perangkat komputer dan akses internet. Padahal kurikulum pada saat ini mewajibkan setiap sekolah menyediakan fasilitas komputer dengan akses internet untuk mendukung program pembelajaran.Masalah dan isukomputer dalam pendidikan kemajuan teknologi komputer selain memberikan dampak negatif juga memberikan dampak positif tergantung kita memilih dan menanggulanginya.Ada 6 masalah utama berkembangnya komputer dalam pendidikan yaitu :

1        Anggaran
2        Tidak tersedianya karyawan.
3        Tidak tersedianya tenaga ahli.
4        Materi yang sesuai untuk mengajar tidak tersedia.
5        Lemahnya kondisi kerja guru di lapangan mendorong bahwa mereka tidak dapat memngembangkan materi mengajar secara kreatif.
6        Pelatihan biasanya terlalu spesifik di ambil.

 

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN


3.1        JENIS PENELITIAN


 Jenis penelitian dalam laporan ini adalah Deskriptif Kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan apa adanya. Penelitian deskriptif kualitatif menafsirkan dan menuturkan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi, sikap serta pandangan yang terjadi di dalam masyarakat, pertentangan 2 keadaan / lebih, hubungan antarvariabel, perbedaan antar fakta, pengaruh terhadap suatu kondisi, dan lain-lain. masalah yang diteliti dan diselidiki oleh penelitian deskriptif kualitatif mengacu pada studi kuantitatif, studi komparatif, serta dapat juga menjadi sebuah studi korelasional 1 unsur bersama unsur lainnya. Biasanya kegiatan penelitian ini meliputi pengumpulan data, menganalisis data, meginterprestasi data, dan diakhiri dengan sebuah kesimpulan yang mengacu pada penganalisisan data tersebut.

3.2        TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN


Wawancara kami lakukan di tempat yang sama hanya saja waktu yang berbeda.Dari pendapat para ahli kami melakukan penelitian lebih lanjut  mengenai TI dari para mahasiswa Non Teknik, dan kami juga mengkaji lebih lanjut sampai manakah pemahaman para mahasiswa Non teknik guna untuk mengumpulkan data laporan kami, dan keterangannya adalah sebagai berikut:
Wawancara yang pertama  kami lakukan di :
Tempat            :  Kampus Bukit Indah Universitas Malikussaleh
Hari/tanggal    :  Minggu,04 Oktober, 2015
Pukul               :  11.10 WIB
9         
Wawancara yang kedua  kami lakukan di :
Tempat            :  Kampus Bukit Indah Universitas Malikussaleh
Hari/tanggal    :  Minggu,25 Oktober, 2015
Pukul               :  12.00 WI

3.3        SUBJEK PENELITIAN


Dalam laporan ini terdapat 2 orang subjek untuk melakukan penelitian, Dalam lapora ini terdapat 2 subjek penelitian yang berbeda yaitu
1        PUTRI FITDINNA RAMADHANA( sebagai pewawancara pertama sekaligus melekukan penelitian).
2        CUT DEWI AIDA SORAYA( sebagai pewawancara kedua sekaligus juga melakukan penelitian).

3.4         INSTRUMEN PENELITIAN


Instrumen adalah : sebuah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi yang bermanfaat untuk menjawab permasalahan penelitian. Instrumen sebagai alat pada waktu penelitian yang menggunakan suatu metode.Instrumen penelitian tidak jauh beda dengan pengumpulan data/prosuder enelitian. Yang menjadi perbedaan adalah instrumen membahas tentang alat-alat yang digunakan dalam melakukan penelitian yaitu seperti alat perekam, alat tulis(buku, pulpen, pinsil dan lain sebagainya) sedangkan jika teknik pengumpulan/prosuder penelitian membahas lebih detailnya bagaiman metode-metode yang akan dilaksanakan. Mulai dari membuat janji hingga wawancara berakhir.

3.5        TEKNIK PENGUMPULAN/PROSUDER PENELITIAN


Dalam Teknik pengumpulan data/prosuder penelitian yang terdapat di dalam laporan ini terbagi dua yang pertama dari para ahli(buku), Internet dan wawancara, dalam wawancara terdapat beberapa langkah yaitu sebagai berikut :
1        Mula-mula mebuat janji kepada narasumber
2        Tempat ingin melekukan wawancara
3        Waktu pertemuan untuk wawancara
4        Persiapkan tema penelitian yang ingin ditanyakan
5        Siapkan alat rekam(Perekam)
6        Alat tulis (Buku, Pulpen, Pinsil, dan lain sebagainya)
7        Lakukan wawancara pada narasumber

3.6        TEKNIK ANALISIS DATA


Teknik analisis data ini adalah mencari kesamaan antara Teori dan non teori setelah wawancara selesai maka data yang telah di dapatkan akan di analisis kembali dan di lihat kebenarannya apakah sama antara para ahli dan para maha siswa tentang pemahaman TI(Teknik Informatika).Jika sama maka pemahaman para maha siswa sangat meluas dan mendalam. Dan memiliki daya pikir yang bagus juga maksimal dan tidak ada yang perlu di analisis kembali sebab teori dan non teori memiliki persamaan. Dan jika tidak maka teknik analisis ini sangat di butuhkan untuk membuktikan hal terBAB IV


HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1        HASIL PENELITIAN


Hasil penelitian yang kami lakukan telah membuktikan bahwa antara teori dan non teori cukup berbeda. Teori membuktikan hasil asli dan pemahaman yang luas, sedangkan nonteori hanya pemahaman dalam kalangan masyarakat atau yang umum yang diketahuinya saja.Para ahli menggunakan peneitian yang berusaha memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul terkait bidang TI. Sedangkan peneliti dalam laporan ini ingin membandingkan antara teori dan non teori. Dengan cara mewawancarai narasumber non teknik.




















4.2             PEMBAHASAN


Hasil penelitian yang kami lakukan telah membuktikan bahwa antara teori dan non teori cukup berbeda. Teori membuktikan hasil asli dan pemahaman yang luas, sedangkan nonteori hanya pemahaman dalam kalangan masyarakat atau yang umum yang diketahuinya saja.Para ahli menggunakan peneitian yang berusaha memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul terkait bidang TI. Sedangkan peneliti dalam laporan ini ingin membandingkan antara teori dan non teori. Dengan cara mewawancarai narasumber non teknik
HASIL PENELITIAN MENURUT NARASUMBER
NARA SUMBER PERTAMA
NARASUMBER KEDUA
1.   PENGERTIAN TEKNIK INFORMATIKA
Teknik informatika adalah cara bagaimana menggunakan komputer, sistem komputer, aplikasi komputer dan yang berhubungan tentang komputer
2.   MACAM-MACAM ILMU DALAM TI
1.      Aplikasi komputer
2.      Jaringan komputer
3.       Seluk beluk tentang komputer

3.   PEKERJAAN LULUSAN TI
Dapat berkerja diberbagai bidang
1.   HACKER    
Hacker bukan seorang teknik komputer  karena hacker hanya tetarik dan tidak menguasai hal-hal yang mengenai komputer dan hanya mengetahui sedikit bidang
5.   .HAL LAIN YANG MENYANGKUT TI
Kurang mengetahui dan kurang paham.           

1.    PENGERTIAN TEKNIK INFORMATIKA
Teknik informatika adalah suatu jurusan yang mengarah kepada aplikasi kopmputer .
2.    MACAM-MACAM ILMU DALAM TI
1.      Aplikasi komputer
2.      Membuat vidio
3.      Membuat game

3.    PEKERJAAN LULUSAN TI
1.      M enjadi teknisi
2.      Gamers

4.    HACKER
Hacker orang yang sedikit lebih kurangnya dapat mengaplikasikan komputer.
5.    HAL LAIN YANG MENYANGKUT TI
Kurang mengetahui dan kurang paham.           



 

BAB V

PENUTUP

5.1        SIMPULAN


1        Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.
2        Saat ini Teknologi Informasi (TI) berkembang sangat pesat dan meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. Baik untuk keperluan menyelesaikan pekerjaan sehari - hari di tempat kerja, maupun di dalam kehidupan pribadi atau keluarga. Perkembangan TI ini akan mendominasi dunia dan sangat memengaruhi kehidupan masyarakat di masa mendatang.
3        Prospek kerja ti(teknik informatika) memiliki banyak peluang untuk bekerja di bebrbagai biadang seperti tenaga pendidik, PNS,Badan Usaha Milik Negara dan juga pegawai swasta dan masi banyak lagi
4        Isu yang sampai saat ini masih menjadi permasalah di TI masi banyak di kalangan masyarakat terutama dalam dunia pendidikan yang sangat berpengaruh.
5        Hasil penelitian yang di lakukan telah membuktikan bahwa antara teori dan non teori cukup berbeda. Teori membuktikan hasil asli dan pemahaman yang luas, sedangkan nonteori hanya pemahaman dalam kalangan masyarakat atau yang umum yang diketahuinya saja.Para ahli menggunakan peneitian yang berusaha memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul terkait bidang TI.

5.2        SARAN


1        Untuk kemajuan teknologi informasi teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.
2        Diharapkan dengan adanya teknologi computer dan softwarenya dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.
3        Kemajuan teknologi informasi computer software dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi.


DAFTAR PUSTAKA

 

Hagg, & Keen. (1996). Teknologi Informasi. New york: McGraw Hill Education.
Lucas. (2000). Operacional Computer Technology. Turkey: Markeeting our Costumers Management.
Martiin. (1999). Information Technology. inggris: Queensland University Technology.
Oxford. (1995). Asset Management In Electricity Transmission. Brisbane: National Aeronautics.

Laudon, Kenneth C. 2004. Management information systems, Third Edition, New Delhi 11001: Prentice Hall of India Privated Limited
Williams / Sawyer, (2007), Using Information Technology terjemahan Indonesia, Penerbit ANDI, ISBN 979-763-817-0

Deeson Eric,1991,Dictionary of Information Technology, Glasgow, UK, Harper Collins Publishers,
Hackers Center Magazine edisi 1-2 (c) 2009,TahunTerbit : 2013,Penerbit : Mediakita, Jakarta

 

Bodnar, & Hopwood. (1993). Imteligent System Computer. New York: Welington Electricyty.
Gelinas, Oram, & wiggins. (1990). The Satisfaction on General Affairs Service of Electrical Engineering Technology. new zealand: social and Behaviorial Sciences.
Hagg, & Keen. (1996). Teknologi Informasi. New york: McGraw Hill Education.
Hall. (2001). Menagement Information system. European journal of operational Research , 556.
Lucas. (2000). Operacional Computer Technology. Turkey: Markeeting our Costumers Management.
Martiin. (1999). Information Technology. inggris: Queensland University Technology.
Oxford. (1995). Asset Management In Electricity Transmission. Brisbane: National Aeronautics.
Turban, McLean, & Wetherbe. (1999). Management System Computer. Journal makeeting , 665.
Wilkinson. (1992). Comunication Information Technology. Knowlade management , 443.

 





Comments